jjjj Cool Grey Outer Glow Pointer
jkkhjkhk

Pengertian Botnet


Pengertian Dari Botnet



Sebuah botnet adalah sekumpulan program yang saling terhubung melalui Internet yang berkomunikasi dengan program-program sejenis untuk melakukan tugas tertentu. Botnet bisa dipakai untuk menjaga keamanan kanal IRC, mengirimkan surel spam, atau berpartisipasi dalam serangan DDos. Kata botnet berasal dari dua kata, robot dan network.

Botnet dieksploitasi untuk berbagai keperluan, antara lain serangan DoS, penciptaan atau penyalahgunaan relai surat SMTP untuk spam (lihat Spambot), pemalsuan klik, spamdeks, dan pencurian nomor serial aplikasi, identitas masuk log, dan informasi keuangan seperti nomor kartu kredit.

Komunitas pengendali botnet sudah lama berjuang memperebutkan gelar pemilik bot terbanyak, pita lebar tertinggi, dan mesin terinfeksi paling "berkualitas tinggi", seperti universitas, perusahaan, dan pemerintahan


Bentuk Serangan Botnet

1.    Distributed Denial-of-Service (DDOS) attacks, adalah serangan kepada jaringan yang mengakibatkan hilangnya layanan kepada user, biasanya hilangnya konektifitas jaringan  dengan mengkonsumsi bandwidth dari korban jaringan atau overloading sumber daya system komputasi si korban.

2.    Spamming, beberapa bot memiliki kemampuan untuk membuka socks proxy, sebuah proxy generic untuk TCP/IP berbasis aplikasi jaringan pada mesin yang diincar setelah socks proxy diaktifkan, mesin ini dapat digunakan untuk kegiatan jahat seperti mengirim spam atau email phising.

3.    Sniffing Traffic, bot juga bisa dapat menggunakan paket sniffer untuk melihat data yang menarik dikomputer, sebagian besar sniffer mengambil informasi yang sensitive seperti username dan password.

4.    Penyebarab Malware Baru, botnet juga digunakan untuk menyebarkan bot baru dan malware, hal ini menjadi semakin mudah sejak bot menerapkan mekanisme untuk mendownload dan menjalankan file melalui http dan ftp, beberapa bot dapat berpura-pura berperan sebagai server http atau ftp sebagai malware.


5.    Installing Adversitement Add-ons & Browser Helper Objects, dengan membuat website palsu, dengan membuat bebrapa iklan dan mendaftar pay per cliks diperusahaan penyedia iklan, si botmaster nanti akan mendapatkan pemasukan atau pendapatan.yaitu dengan bantuan dari sebuah botnet, proses klik ini dapat dilakukan secara otomatis (klik penipuan) sehingga beberapa ribu bot mengklik iklan tersebut.


Cara melindungi Komputer dari Botnet

        1. Gunakan dan memelihara perangkat lunak anti-virus
melindungi komputer anda terhadap virus paling dikenal, sehingga anda mungkin dapat mendeteksi dan menghapus virus sebelum dapat melakukan kerusakan apapun. Karena penyerang terus menulis virus baru, penting untuk menjaga definisi anda up to date. Beberapa vendor anti-virus juga menawarkan software anti-rootkit.

       2. Instal Firewall
mencegah beberapa jenis infeksi oleh memblokir lalu lintas berbahaya sebelum dapat memasuki komputer anda dan membatasi lalu lintas yang anda kirim. Beberapa sistem operasi benar-benar termasuk firewall, tetapi Anda harus memastikan diaktifkan.Gunakan password yang baik

      3. Pilih password yang akan sulit bagi penyerang untuk menebak, dan menggunakan password yang berbeda untuk program dan perangkat yang berbeda. Jangan memilih opsi yang memungkinkan komputer untuk mengingat password anda.

      4. Jauhkan perangkat lunak up to date – Install software patch
penyerang tidak dapat mengambil keuntungan dari masalah yang diketahui atau kerentanan. Banyak sistem operasi menawarkan update otomatis. Jika opsi ini tersedia, anda harus mengaktifkannya.

Ada baiknya kita lebih waspada terhadap pesan baik dalam email,telepon genggam, milis, dan lain-lain yang terlihat mencurigakan dan datang terus menerus. Lebih baik tidak usah ditanggapi dan jangan mudah tergiur dengan pesan-pesan tersebut.Yang cukup anda lakukan adalah masukkan pesan-pesan atau spam dalam daftar spam atau gunakan aplikasi anti spam

0 komentar:

Posting Komentar